Kisah berubahnya jepang yang juga merubahku (karya lomba menulis 2023)

Kisah berubahnya jepang yang juga merubahku (karya lomba menulis 2023)
By: Wkwk Japan Posted On: March 25, 2024 View: 0

lomba_2023Lomba Menulis

apa rekomendasi drama sejarah jepang yang terbaik menurut saya ?

saya sering ditanyai, apa rekomendasi drama sejarah jepang yang terbaik menurut saya ? Tanpa ragu saya biasanya menjawab seiten wo tsuke. Drama yang berkisah tentang perjalanan hidup shibusawa eiichi yang dikenal sebagai seorang tokoh ekonomi di jepang.

Seiten wo tsuke yang bisa dibilang sangat berbeda dengan drama sejarah jepang lainnya

Seiten wo tsuke yang bisa dibilang sangat berbeda dengan drama sejarah jepang lainnya. Bagi penggemar drama sejarah jepang, biasanya sadar sebagian besar drama sejarah jepang itu seputar era sengoku yang penekannya pada perang. Seiten wo tsuke berbeda karena penekannya soal perubahan politik drastis era bakumatsu. peringatan artikel ini mungkin mengandung sedikit spoiler.

Era bakumatsu

Era bakumatsu bisa dibilang era yang sangat ekstrem bagi jepang. Terutama karena jepang telah meninggalkan sistem pemerintahan keshogunan tokugawa yang bertahan 300 tahun menuju kekaisaran meiji. Di awali dari munculnya Komodor Matthew C. Perry diakhiri dengan kekalahan pasukan shogun.

Sudut pandang eiichi

Dari sudut pandang eiichi bisa dibilang ini perubahan yang sangat menyakitkan. Hal ini terjadi karena, ia sendiri merupakan pendukung shogun terakhir, yoshinobu tokugawa. Yoshinobu tokugawa bisa dibilang salah satu tokoh sentral dalam kisah ini. Ia juga akrab disapa oleh eichi sebagai hitotsubashi-sama, nama panggilang kehormatan di antara bawahannya.

Eiichi tidak menerima perubahan

Terlihat beberapa adegan menggambarkan eIichi shibusawa tidak menerima perubahan ini. terutama karena dia sangat berharap klan tokugawa dapat membangun jepang. Saat kekalahan tokugawa, ia berada di perancis menemani penerus klan tokugawa belajar. Karena itu, hanya bisa mengoceh tanpa sempat bertanya ke tuannya, yoshinobu tokugawa.

Eichi akhirnya menerima perubaha

Setelah pulang, Eichi yang awalnya tidak bisa menerima perubahan, akhirnya menerima berkat bujukan yoshinobu tokugawa. Eiichi setelah tokugawa runtuh diperintahkan untuk bekerja di bawah pemerintahan era baru.

Pengaruh eichi terhadap perubahan

Bisa dibilang, jika eiichi tidak berubah dan terus menolak bekerja di bawah pemerintah baru mungkin Jepang tidak seperti sekarang ini. Jepang mungkin terlambat mengenal berbagai hal termasuk bank sentral dan penggunaan mata uang, serta sistem saham gabungan, belum lagi sejumlah perusahaan yang dibuatnya. Dimana, selanjutnya hal-hal tersebut begitu mempengaruhi perkembangan Jepang.
Tak semua perubahan menyakitkan

Disini juga terlihat tidak semua perubahan menyakitkan. Eiichi sebagai seorang akuntan dan ekonom yang baik bisa diakui. Kaum samurai bisa dibilang tabu berbicara soal uang dan kemampuan pengelolaan uang sering diabaikan. Sebagaimana yang Eiichi alami saat ingin mengatur keuangan klan tokugawa. namun, ketika era berganti orang malah menghargai kemampuan eiichi.

Kesimpulang tentang perubahan

Setelah menonton drama ini, saya berkesimpulan bahwa perubahan pasti menghadirkan masalah dan kesempatan. Hal yang penting adalah bagaimana menangani keduanya. Apalagi kita di era modern ini yang perubahan terasa semakin cepat.

Isu perubahan hari ini

Hari ini, kita terus menghadapi isu perubahan. Jika tidak mengambil keputusan tetap, maka bisa jadi masalah akan lebih banyak daripada kesempatan. Perubahan yang terlalu banyak membawa masalah tentunya mengancam umat manusia,

perubahan teknologi

Terutama dalam bidang teknologi. Orang-orang mulai khawatir dengan perkembangan teknologi kecerdasan buatan. Orang-orang mulai mengungkapkan dampak masalah yang besar seperti menghilangkan beberapa pekerjaan untuk manusia. Namun, kita juga tak dapat memungkiri timbulnya kesempatan karena efisiensi semakin baik.

Perubahan pasca covid

Belum lagi perubahan pasca wabah covid19 yang mungkin ada yang belum terbiasa. Ada yang sudah work from office, namun beberapa masih ingin mempertahankan work from home. Ada yang sudah masuk sekolah, namun sudah jadi terlalu malah karena terbiasa libur. Semua hal ini, harus kita pertimbakan dengan baik, kesempatan dan masalahnya.

Saya harap bukan hanya saya yang mengambil pelajaran

Oleh karena itu, saya amat merekomendasikan seiten wo tsuke bagi mereka penggemar drama sejarah jepang. Saya harapkan bukan hanya saya yang dapat mengambil pelajaran dari drama ini. Semoga juga pelajaran dari drama ini dapat bermanfaat.

Penulis: dede dermawan


Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.