Erick Thohir Bakal Laporkan 2 Dapen BUMN ke Kejaksaan Agung

Erick Thohir Bakal Laporkan 2 Dapen BUMN ke Kejaksaan Agung
By: Liputan6 Bisnis Posted On: February 13, 2024 View: 2

Sebelumnya diberitakan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) disebut telah merampungkan audit investigas 2 lembaga dana pensiun (dapen) BUMN. Rencananya, laporan hasil audit dana pensiun BUMN ini akan disetor ke Menteri BUMN Erick Thohir dalam waktu dekat.

Diketahui, 2 dapen BUMN ini diaudit BPKP atas permintaan Kementerian BUMN. Sebelumnya, audit juga dilakukan dan dilanjutkan dengan penindakan di Kejaksaan Agung (Kejagung).

Deputi Investigasi BPKP Agustina Arumsari mengatakan, pihaknya sudah merampungkan audit yang diminta. Hingga akhir tahun 2023, dia pun melakukan peninjauan final.

"Kalau menyerahkannya mungkin awal tahun, tapi kan ini saya lagi review-review," ujar Sari sapaan akrabnya, saat ditemui Liputan6.com di kantornya, Jakarta, dikutip Rabu (3/1/2024).

4 Dana Pensiun

Informasi, sebelumnya ada 4 lembaga dapen BUMN yang sudah diproses Kejagung. Diantaranya, Inhutani, Angkasa Pura I, PTPN, dan RNI. Kini, ada 2 lagi lembaga dapen yang kelolaannya didalami oleh BPKP.

Ketika dikonfirmasi, Sari mengungkap 2 dapen yang didalami BPKP berinisial KS dan KF. Jika ditelisik, ini merujuk pada Krakatau Steel dan Kimia Farma.

"Ia, yang dua itu yang PT KS sama PT KF," kata dia.

Kendati proses audit investigasi ini telah rampung, Sari enggan mengngkap hasilnya. Termasuk apakah ada indikasi kecurangan (fraud) atau tidak. Diketahui, 4 dapen BUMN sebelumnya disebut merugikan negara hingga Rp 300 miliar.

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.