Soal Dugaan Monopoli Layanan Kurir di E-Commerce, YLKI Apresiasi KPPU

Soal Dugaan Monopoli Layanan Kurir di E-Commerce, YLKI Apresiasi KPPU
By: Liputan6 Bisnis Posted On: February 07, 2024 View: 4

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun langsung mengapresiasi langkah Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) dalam merespon adanya dugaan monopoli layanan kurir pada platform e-commerce Shopee.

Seperti diketahui, KPPU tengah menyelidiki dugaan monopoli pelayanan kurir pada platform e-commerce Shopee khususnya pada layanan Shopee Express.

Pengurus Harian YLKI, Agus Suyatno menyebutkan praktik e-commerce menunjuk hanya satu perusahaan kurir bertentangan dengan semangat dalam UU Perlindungan Konsumen. Dimana dalam aturan itu, pembeli seharusnya memiliki kebebasan untuk memilih jasa kurir.

"Konsumen tidak memiliki keleluasaan dalam memilih jenis barang atau jasa," ujar Agus kepada media, Rabu (7/2/2024).

Ia menyebutkan praktik penunjukan satu kurir ini terkadang memang dilakukan dengan iming-iming harga yang lebih murah dibandingkan kurir lainnya.

Dalam jangka pendek memang, hal ini jelas menguntungkan konsumen. Namun dalam jangka panjang tidak ada jaminan bagi konsumen bahwa tarif kurir itu akan tetap bersaing. "Tanpa ada persaingan, ketentuan tarif tidak dapat dikontrol konsumen," ujarnya.

Dugaan Monopoli

Dari sisi persaingan usaha, praktik menunjuk satu kurir saja, jelas merugikan pemain lain yang seharusnya diberikan ruang oleh e-commerce untuk bisa bersaing secara sehat.

"Ada beberapa perjanjian yang tabu dilakukan pelaku usaha seperti praktik monopoli, penguasaan pasar, dan persekongkolan," ujarnya.

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.