Ekonomi AS Diramal Melambat, Tak Akan Resesi Kayak Jepang

Ekonomi AS Diramal Melambat, Tak Akan Resesi Kayak Jepang
By: CNBC Market Posted On: February 23, 2024 View: 3

Jakarta, CNBC Indonesia-PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) meyakini ekonomi Amerika Serikat tidak akan bernasib sama seperti Jepang dan Inggris 2024-2025. Dengan kata lain, PT BRI meyakini AS tidak akan mengalami resesi dua tahun ke depan.

"Perekonomian AS diperkirakan masih akan melambat, tapi diramalkan tidak sampai resesi," kata Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto dalam diskusi LPPI, Jumat (23/2/2024).

Dia mengatakan keyakinan itu didasarkan pada beberapa alasan. Salah satunya adalah membaiknya keyakinan para pelaku ekonomi di AS. "Seiring dengan membaiknya keyakinan para pelaku ekonomi di sana," kata dia.

Dengan membaiknya ekonomi di AS, Amam memprediksi suku bunga acuan bank sentral AS atau Fed Fund Rate tidak akan turun dalam waktu cepat. Dia mengatakan sebagian kalangan memang telah memprediksi The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada akhir semester I 2024.

Namun, dengan semakin solidnya perekonomian AS, maka bisa jadi suku bunga acuan itu tidak akan turun dalam waktu dekat ini. "Fed fund rate diperkirakan akan high for longer karena masih solidnya perekonomian AS dan kemungkinan baru akan turun di akhir semester I," kata dia.

"Tapi sudah diperkirakan mungkin bisa juga tidak terjadi di semester I atau bahkan mundur lagi," kata dia.

Sebelumnya, Jepang, yang pernah menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, melaporkan kontraksi selama dua kuartal berturut-turut pada Kamis (15/2/2024). Ekonomi turun 0,4% secara tahunan pada kuartal keempat IV-2023 setelah melaporkan kontraksi atau -3,3% pada kuartal ketiga kuartal III-2023.

Sementara itu, Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan, pertumbuhan ekonomi Inggris minus 0,3% secara kuartalan pada kuartal IV-2023 melanjutkan kontraksi pada periode sebelumnya sebesar 0,1%.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Video: Ekonomi RI 2024 Bisa Tumbuh Di Atas 5%, Tapi Ada Syaratnya!


(rsa/mij)

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.