Kisah Inspiratif Pembuat Logo Nike, Dibayar USD35 dan Gratis 500 Saham

Kisah Inspiratif Pembuat Logo Nike, Dibayar USD35 dan Gratis 500 Saham

IDXChannel—Bagi perusahaan yang membuat produk, logo adalah hal penting dalam aspek branding. Keberhasilan suatu logo sebagai ciri khas perusahaan, adalah jika masyarakat mengenal logo tersebut dan mampu mengasosiasikannya dengan produk perusahaan. 

Banyak produk ikonik bertebaran saat ini. Dari bentuk dan warna yang khas, sekali pandang masyarakat langsung tahu apa nama brand dari logo tersebut. Salah satu logo produk yang ikonik dan terkenal di dunia, dimiliki oleh Nike

Produsen sepatu ini menggunakan logo centang yang khas, tersemat di sepatu dan produk-produk apparel olahraga buatan Nike. Tahukah Anda, logo ini dibuat oleh seorang wanita bernama Carolyn Davidson. 

Davidson mendesain logo Nike yang dikenal ‘the Swoosh’ pada 1971. Berangkat dari kebetulan saat Phil Knight, salah satu pendiri Nike, mendengar bahwa Davidson tidak memiliki kanvas dan cat minyak. 

Seperti yang dikisahkah ABC News pada 2016, Davidson tidak bisa mengikuti kelas melukis karena tidak ada biaya untuk membeli kanvas dan cat minyak. Percakapan Davidson dengan rekan sekampusnya didengar oleh Phil Knight. 

Knight, yang saat itu mengajar akuntansi di Portland State University, akhirnya menawari proyek desain untuk Davidson, yang tak lain adalah proyek untuk direpresentasikan kepada investor footwear dari Jepang. 

Setelahnya, Davidson mulai bekerja dengan Knight untuk mendesain poster, iklan, dan flyer. Hingga suatu hari, Knight meminta Davidson untuk mendesain logo untuk sepatu buatannya.

“Logo itu harus merepresentasikan dan menunjukkan pergerakan (tubuh),” kata Davidson. 

Lantas ia pun mendesain lima logo di atas kertas tisu. Secara pribadi, Davidson menyukai desain centang the Swoosh, dan itulah logo yang dipilih oleh Knight. Logo centang buatannya berbentuk mirip sayap dan simbolisasi dewi kemenangan Yunani, Nike.

Dalam mitologi Yunani, Nike adalah dewi personifikasi kemenangan dalam musik, seni, peperangan, dan olahraga. Secara makna, logo the Swoosh Nike merepresentasikan hal yang sama dengan branding sepatu Nike. 

Atas jasa desainnya itu, perusahaan Knight membayar Davidson seharga USD35, yang jika disesuaikan dengan inflasi hingga 2022, mencapai USD253 atau senilai dengan Rp3,91 juta. Cukup murah untuk ukuran harga logo sepatu olahraga.

Namun saat itu, Nike belum sepopuler sekarang, dan selain dibayar tunai, Knight juga menghadiahi Davidson sebuah cincin emas bertatahkan berlian dengan ukiran the Swoosh di sisinya. Knight juga memberikan 500 lembar saham Nike, tiga tahun setelah perusahaan IPO. 

Sebelumnya, Nike sempat beroperasi dengan nama Blue Ribbon Sports. Setelah mendesain logo, Davidson masih bekerja di perusahaan itu hingga kebutuhan desain menjadi membludak dan mengharuskan perusahaan merekrut tim desain eksternal. 

Bagaimana nasib saham Nike yang dipegang Davidson? Saham itu dulu dihargai senilai 17 sen per lembar, sehingga nilai investasi yang dipegang Davidson untuk 500 lembar sahamnya hanyalah USD85 saja. 

Namun saat ini, setelah IPO berpuluh tahun silam, Nike telah beberapa kali melakukan split stock. Sehingga, jika dikalikan, Davidson memiliki sekitar 32.000 lembar saham Nike, dengan nilai investasi senilai USD3,45 juta. Setara dengan Rp53,48 miliar. 

“Saya belum pernah menjual saham lama milik saya, tapi saham itu sudah beberapa kali split stock, dan saya pernah menjual sebagian saham itu,” tutur Davidson.

Itulah kisah inspiratif tentang pembuat logo Nike yang ikonik, dibayar USD35 dan diberi saham gratis yang sekarang nilainya mencapai puluhan miliar rupiah. (NKK)

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.