Ingin Hidup Bahagia dan Umur Panjang? Simak Tips Berikut

Ingin Hidup Bahagia dan Umur Panjang? Simak Tips Berikut
By: Liputan6 Bisnis Posted On: November 27, 2023 View: 2

Liputan6.com, Jakarta - Selama 20 tahun terakhir, Dan Buettner, seorang penjelajah, National Geographic Fellow, serta jurnalis, telah berkeliling dunia untuk mempelajari lima Zona Biru. Zona Biru area di mana orang-orang hidup dengan usia yang sangat panjang, seperti Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Nicoya, Kosta Rika; Ikaria, Yunani, dan Loma Linda, California.

Berdasarkan wawancara saya dengan 263 orang yang berusia 100 tahun ke atas, Buettner menemukan bahwa para juara umur panjang di dunia berperilaku berdasarkan apa yang saya sebut sebagai "Power 9".

Berikut adalah sembilan hal yang disangka bisa membantu menambah usia mereka dikutip dari CNBC, Selasa (28/11/2023):

1. Bergerak secara alami

Orang-orang yang berumur panjang di dunia tidak berolahraga angkat beban, lari maraton, atau bergabung dengan pusat kebugaran. Sebaliknya, mereka hidup di lingkungan yang selalu mendorong mereka untuk bergerak.

Mereka berkebun dan tidak memiliki alat bantu mekanis untuk pekerjaan rumah dan halaman. Setiap perjalanan ke kantor, ke rumah teman, atau ke gereja dimulai dengan berjalan kaki.

2. Memiliki Tujuan

Orang Okinawa di Jepang menyebutnya "ikigai," dan orang Nikaragua di Kosta Rika menyebutnya "plan de vida." Keduanya diterjemahkan menjadi "mengapa saya bangun di pagi hari."

Penduduk di setiap Zona Biru yang Buettner kunjungi memiliki tujuan hidup yang lebih dari sekadar bekerja. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengetahui tujuan hidup Anda dapat menambah usia Anda hingga tujuh tahun.

3. Perbanyak Rutinitas hilangkan stres

Bahkan orang-orang di Zona Biru mengalami stres, yang dapat menyebabkan peradangan kronis dan telah dikaitkan dengan setiap penyakit utama yang berkaitan dengan usia.

Tetapi mereka memiliki rutinitas yang dapat menghilangkan stres, yakni orang Okinawa meluangkan waktu beberapa saat setiap hari untuk mengenang leluhur mereka, orang Advent berdoa, orang Ikaria tidur siang, dan orang Sardinia mengadakan happy hour.

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.