Harga Emas Hari Ini Naik 1%, Dibayangi Ekspektasi The Fed Jeda Kenaikan Suku Bunga

Harga Emas Hari Ini Naik 1%, Dibayangi Ekspektasi The Fed Jeda Kenaikan Suku Bunga
By: Liputan6 Bisnis Posted On: November 16, 2023 View: 4

Liputan6.com, Jakarta Harga logam mulia di pasar global kembali berkilau. Harga emas hari ini naik dipicu imbal hasil Treasury AS yang susut tipis, di tengah prospek bahwa Federal Reserve akan mengakhiri siklus kenaikan suku bunganya.

Harga emas naik 1,1% menjadi USD 1.980,99 per ons. Adapun harga emas berjangka AS naik 1% menjadi USD 1.984,20.

“Emas akan mempertahankan kenaikan kuatnya baru-baru ini selama harganya bertahan di atas USD 1.930. Prospek suku bunga yang lebih rendah dan permintaan yang berkelanjutan dari bank sentral harus memastikan dukungan yang cukup untuk menahan kekuatan data ekonomi jangka pendek,” kata Ole Hansen, Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank.

Data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan harga produsen AS mengalami penurunan terbesar dalam tiga setengah tahun pada bulan Oktober. 

Ini menjadi indikasi terbaru meredanya tekanan inflasi, sementara penjualan ritel menurun untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan. Sehari sebelumnya, data menunjukkan harga konsumen utama AS tidak berubah pada bulan Oktober.

Tanda-tanda melambatnya inflasi meningkatkan spekulasi di kalangan investor bahwa The Fed sudah selesai menaikkan suku bunganya.

“Reli saham di Santa mungkin mengurangi permintaan emas dari perspektif alternatif dan safe haven, namun secara keseluruhan kami tetap optimis,” kata Hansen.

Meskipun emas dikenal sebagai lindung nilai terhadap inflasi, suku bunga yang lebih rendah meningkatkan daya tarik aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Membantu emas batangan, indeks dolar stabil terhadap sejumlah mata uang, tidak jauh dari level terendah dua bulan di 103,98 sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun turun menjadi 4,50%.

“Bank sentral harus terus membeli emas karena Tiongkok terus meningkatkan cadangan emasnya,” kata analis SP Angel, John Meyer.​

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.