Dicek Imigrasi AS Bawa Rp157 Juta, Ini Keran Duit Raffi Ahmad

Dicek Imigrasi AS Bawa Rp157 Juta, Ini Keran Duit Raffi Ahmad
By: CNBC Market Posted On: November 14, 2023 View: 4

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan ini, artis Raffi Ahmad mencuri perhatian publik karena baru tersandung masalah dengan Otoritas Bea dan Imigrasi Amerika Serikat (US Customs and Border Protection). Hal itu lantaran dirinya dan istri Nagita Slavina masing-masing membawa uang pecahan US$10.000 (Rp157,02 juta) di Negeri Paman Sam.

Ternyata, AS memiliki aturan yang ketat mengenai setiap pendatang yang membawa uang tunai masuk ke sana. Dikutip dari US Customs and Border Protection, wisatawan internasional yang memasuki AS harus menyatakan apakah mereka membawa mata uang atau instrumen moneter dengan jumlah gabungan lebih dari US10.000 atau sekitar Rp150 juta pada Formulir Pernyataan Pabean (Formulir CBP 6059B) dan kemudian mengajukan Formulir FinCEN 105. Aturan ini berlaku untuk keluar masuk dari AS.

Maka demikian, Raffi yang baru tiba di AS untuk mengikuti New York City Marathon 2023, disetop imigrasi AS. Pihak Imigrasi AS pun menanyakan hal ini.

Bos Rans Entertainment itu kemudian menjelaskan mengapa dirinya dan istri membawa uang banyak. Alasannya, karena dia membawa serta timnya sebanyak 15 orang. Uang tunai dalam pecahan dolar tersebut akan dibagikan kepada timnya.

"Maksudnya itu nanti, gue kan bawa tim aja 15 orang. Jadi kan emang di sana itu kita lama. Maksudnya uang cash kan kita bagi-bagiin ke anak-anak. Kalau anak-anak kantor pegangan-pegangan semua kan dari uang, 15 orang itu kan di aku," kata Raffi Ahmad, dikutip dari Detikcom.

Lantas, berapa harta kekayaan Raffi? Artis yang merupakan salah satu yang paling populer di Tanah Air itu memang dikenal memiliki harta yang melimpah. Bahkan, ia kerap kali disebut 'sultan'.

Berdasarkan daftar 50 taipan terkaya Indonesia yang baru saja dirilis Forbes pada Juni 2023 lalu, nama Raffi Ahmad tidak muncul, dengan batas terbawah (cut-off) diisi oleh Marina Budiman, bos PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) dengan kekayaan US$1,1 miliar atau Rp16,5 triliun.

Karena absennya Raffi di daftar tersebut, sudah pasti bahwa kekayaannya tidak mencapai Rp16,5 triliun. Akan tetapi, kekayaan Suami Nagita Slavina ini hampir bisa dipastikan masih sangat besar dan jauh di atas kekayaan rata-rata masyarakat Indonesia.

Meskipun sulit dipastikan secara rinci berapa total kekayaan yang dimiliki oleh Raffi dan Nagita, besaran kekayaan mereka setidaknya dapat terlihat dari sumber pendapatan dan beragam aset signifikan yang dimiliki.

Raffi memiliki beberapa sumber pendapatan utama di antaranya adalah konten YouTube, acara televisi, menjadi duta merek (brand ambassador) hingga iklan dan endorsement dari akun Instagram.

Konten YouTube

Meski baru bergabung di platform milik Google tersebut pada 27 Desember 2015, kanal atau channel Youtube RANS Entertainment mampu mengumpulkan 25,7 juta subscriber. Konten dalam channel RANS Entertainment telah ditonton lebih dari 6,59 miliar kali di situs tersebut.

Tentu jumlah tayangan dan pengikut atau subscriber berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh dari YouTube. Selipan iklan secara otomatis dilekatkan apabila konten sesuai dengan aturan yang disyaratkan. Selain itu, YouTuber seperti Raffi juga dapat memperoleh pemasukan lain dari konten sponsor dengan merek atau perusahaan tertentu secara langsung di luar iklan.

Perusahaan yang melacak statistik dan analitik media sosial, Social Blade, memperkirakan, pendapatan tahunan RANS dari iklan berada di kisaran US$577,8 ribu hingga US$9,72 juta. Ini setara sekitar Rp8,29 miliar hingga Rp132,02 miliar.

Sebagai informasi, Social Blade menggunakan asumsi bahwa pendapatan per seribu tayangan (cost per thousand views/CPM) berada di angka US$0,25-US$4.

Acara Televisi

Meskipun saat ini Raffi terlihat semakin gencar melakukan ekspansi, khususnya YouTube, sebelumnya Raffi memulai karier sebagai artis yang kerap muncul di beragam acara televisi lintas stasiun TV masih mempertahankan pekerjaan utamanya yang wara-wiri di layar kaya.

Dengan frekuensi yang tinggi, pendapatan dari acara televisi tidak bisa dipandang sebelah mata. Raffi tidak pernah secara pribadi mengungkapkan total pendapatan dari acara TV, akan tetapi dalam wawancara dengan Roben Onsu dalam acara Podcast miliknya, Ruben menyebut pendapatan Raffi satu episode mencapai Rp 150 juta. Meskipun Raffi membalas dengan menyangkal klaim tersebut.

Duta Merek

Kesepakatan bisnis untuk menjadi duta merek tertentu memang nilainya susah ditaksir, apa lagi dengan kompleksnya perjanjian antara kedua bellah pihak.

Satu hal yang mungkin bisa dipastikan adalah, semakin besar perusahaan yang diwakilkan maka semakin besar pundi-pundi yang dapat diperoleh.

Saat ini diketahui Raffi menjadi duta dari perusahaan pengiriman SiCepat Ekspres dan salah satu produk kecantikan yang berhasil memampangkan muka pesohor Indonesia di salah satu papan iklan di Time Square, New York.

Penghasilan Instagram

Penghasilan dari Instagram merupakan salah satu yang paling sulit ditaksir, mengingat perjanjian antara pihak pengiklan dan pemilik akun yang akan memberikan endorsement dapat berbeda-beda antara tiap klien.

Meski demikian salah satu website, id.noxinfluencer.com, memperkirakan akun Raffi yang memiliki engagement atau tingkat keterlibatan 0,3% dapat meraup Rp 100 juta untuk setiap postingan.

Aset

Selain pendapatan dari berbagai sumber tersebut, Raffi juga memiliki beberapa aset signifikan. Di luar koleksi jam mobil dan barang mewah lainnya, dua aset utama yang dimiliki adalah rumah produksi dan klub sepak bola.

RANS Entertainment, milik Raffi dan Nagita yang baru berumur lima tahun tersebut, saat ini telah memiliki valuasi Rp 3 triliun. Valuasi tersebut naik lebih dari 100% dalam kurun waktu sekitar satu tahun.

Sebelumnya valuasi RANS ditaksir sempat mencapai Rp 1,46 triliun ketika anak perusahaan Grup Emtek menyuntikkan modal untuk penerbitan saham baru perusahaan.

Awal Desember 2021, emiten pengelola stasiun televisi swasta Tanah Air, Surya Media Citra (SCMA), lewat anak usahanya diketahui menyuntikkan dana secara bertahap hingga Rp 248 miliar. Dana tersebut ditukar dengan kepemilikan 17% saham RANS.

Dalam paparannya kepada investor Juni 2022 lalu, SCMA menyebut RANS memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di lintas sektor termasuk grup media, ritel, FMCG, grup olahraga dan grup wisata. Kala itu, SCMA juga menyebut terdapat 122 juta followers di seluruh ekosistem RANS atau setara dengan 40% populasi Indonesia.

Selain itu Raffi dan pengusaha Indonesia lainnya Rudy Salim telah mengakuisisi klub sepak bola Cilegon United FC. Klub yang kemudian namanya diganti menjadi RANS Cilegon FC.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Gubernur BI: Rupiah Adalah Mata Uang Terbaik Dunia


(Zefanya Aprilia/ayh)

Header Banner
  Contact Us
  • Bellezza BSA 1st Floor SA1-06, Jl. Letjen Soepeno, Permata Hijau, Kel. Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta
  • redaksi@media.apdgroup.co.id
  • +6285156946303
  Follow Us
  About

Persembahan dari PT Digital Inspirasi Nusantara, entitas anak dari PT APD Investama Indonesia yang berada di bawah naungan APD Group.